Sunday, July 2, 2017

Kalkulator Peramal Gender Bayi

Kalkulator ini dibuat berdasarkan Tabel Peramal Gender Bayi dimana Umur Shio dan Tanggal Pembuahan dipakai sebagai penentu gender atau jenis kelamin dari bayi. Tidak ada teori ilmiah di balik Kalkulator ini, Tabel Peramal Gender Bayi hanyalah data statistik semata. Hasil survei website ini menunjukan tingkat akurasi sekitar 70% dan ini tidak cukup akurat untuk memilah jenis kelamin bayi. Jika anda serius akan jenis kelamin bayi anda berikutnya, sebaiknya mencari metode ilmiah.
Dalam kalkulator ini saya memakai interpretasi sendiri tentang variabel bulan pembuahan. Saya menafsirkan bahwa bulan pembuahan yang dimaksud oleh sipencipta Tabel Peramal Gender Bayi adalah bulan astrologi (solar) seperti yang dijelaskan oleh Tabel 3. Alasannya adalah karena dalam sistem bulan lunar (imlek) pada tahun kabisat terdapat bulan Lun (Runyue 閏月) atau bulan pengganjal tahun sehingga setahun terdapat 13 bulan lunar. Agar sesuai dengan 12 buah kolom bulan pembuahan yang terdapat dalam tabel tersebut, orang harus memakai sebuah kolom yang sama sebanyak dua kali. Satu untuk bulan normal dan satu lagi untuk bulan lun pada tahun kabisat. Dengan menggunakan sistem bulan astrologi (solar) dimana dalam setahun selalu terdapat 12 bulan maka keanehan atau kelemahan tersebut ditiadakan.

Dalam bahasa matematika dikatakan bahwa saya menginterpretasikan Tabel Peramal Gender Bayi sebagai sebuah FUNGSI sedangkan mereka yang memakai sistem bulan lunar (imlek) menafsirkannya sebagai sebuah PEMETAAN.
Tanggal Lahir Ibu:           
Tanggal Pembuahan:        


Tabel 1. Peramal Gender Bayi
Umur Shio
Ibu
Bulan Astrologi Saat Pembuahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
18xyxyyyyyyyyy
19yxyxxyyyyyxx
20xyxyyyyyyxyy
21yxxxxxxxxxxx
22xyyxyxxyxxxx
23yyxyyxyxyyyx
24yxyyxyyxxxxx
25xyyxxyxyyyyy
26yxyxxyxyxxxx
27xyxyxxyyyyxy
28yxyxxxyyyyxx
29xyxxyyyyyxxx
30yxxxxxxxxxyy
31yxyxxxxxxxxy
32yxyxxxxxxxxy
33xyxyxxxyxxxy
34yxyxxxxxxxyy
35yyxyxxxyxxyy
36xyyxyxxxyyyy
37yxyyxyxyxyxy
38xyxyyxyxyxyx
39yxyyyxxyxyxx
40xyxyxyyxyxyx
41yxyxyxyyxyxy
42xyxyxyxyyxyx
43yxyxyxyxyyyy
44yyxyyyxyxyxx
45xyyxxxyxyxyy
x = Perempuan dan y = Laki-laki.

Tabel 2. Umur Shio Saat Pembuahan
Tgl LahirTgl PembuahanUmur Shio
5 Januari 1995
5
CapjiGwee
2545
10 Maret 2017
13
JiGwee
2568
Tahun Imlek
Lahir - Pembuahan + 1
= 2568-2545+1
= 24

Tabel 3. Bulan Kalender Astrologi (Solar)
#BulanTgl. Permulaan Bulan
1 Yin 寅 4 ±1 Feb.
2 Mao 卯 5 ±1 Mar.
3 Chen 辰 5 ±1 Apr.
4 Si 巳 6 ±1 Mei
5 Wu 午 6 ± 1 Jun.
6 Wei 未 7 ±1 Jul.
7 Shen 申 7 ±1 Agu.
8 You 酉 8 ±1 Sep.
9 Xu 戌 8 ±1 Okt.
10 Hai 亥 7 ±1 Nop.
11 Zi 子 7 ±1 Des.
12 Chou 丑 6 ±1 Jan.

Cara Menggunakan Tabel

  1. Ubah tanggal lahir dari masehi ke imlek menggunakan Konversi Kalender Masehi Ke Imlek dan catat angka tahun imleknya.
  2. Ubah tanggal pembuahan dari masehi ke imlek menggunakan Kalender Imlek Online atau Konversi Kalender Masehi Ke Imlek dan catat angka tahun imleknya.
  3. Kemudian hitung Umur Shio saat pembuahan seperti yang ditunjukan oleh Tabel 2.
  4. Tentukan angka bulan pembuahan. Jika tanggal dan bulan pembuahan berada diluar daftar berikut ini

    5, 6 & 7 Januari6, 7 & 8 Juli.
    3, 4 & 5 Februari6, 7 & 8 Agustus
    4, 5 & 6 Maret7, 8 & 9 September
    4, 5 & 6 April7, 8 & 8 Oktober
    5, 6 & 7 Mei6, 7 & 8 Nopember
    5, 6 & 7 Juni6, 7 & 8 Desember

    maka angka bulan pembuahan bisa langsung diperoleh dari Tabel 3. Jika tidak maka anda harus secara pasti mengetahui tanggal permulaan bulan terlebih dahulu dengan menggunakan Kalkulator 24 Solar Terms. Setelah itu menentukan apakah tanggal pembuahan jatuh pada bulan sebelum atau sesudahnya.
Contoh 1
  • Tanggal lahir: 5 Januari 1995
    Imlek: 5 CapjiGwee 2545
    Tanggal Pembuahan: 10 Maret 2017
    Imlek: 13 JiGwee 2568
    Umur Shio: 2568 - 2545 + 1 = 24
    Bulan Pembuahan: 2 / Mao 卯 (Tabel 3).
    Jenis Kelamin Bayi: Perempuan (Tabel 1)
Contoh 2
  • Tanggal lahir: 5 Januari 1995
    Imlek: 5 CapjiGwee 2545
    Tanggal Pembuahan: 4 Maret 2017
    Imlek: 13 JiGwee 2568
    Umur Shio: 2568 - 2545 + 1 = 24
    4 Maret 2017 harus dipastikan masuk bulan astrologi apa
    Tabel 24 Solar Terms: 2017-Maret-05 (Jingzhe)
    Ternyata 4 Maret 2017 belum masuk bulan 2 / Mao 卯
    Bulan Pembuahan: 1 / Yin 寅 (Tabel 3).
    Jenis Kelamin Bayi: Laki-laki (Tabel 1)

Semoga bermanfaat.

Rujukan:
Where does Chinese Baby Gender Prediction Chart come from?


33 comments:

  1. usia internasional saya 28tahun. tapi saat dihitung usia shio saya cuma 10tahun??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal anda lahir 15 Juni 1991, tahun imleknya adalah 2542.
      Misal untuk tgl 15 Juni 2019 dengan tahun imlek = 2570.
      Jadi umur shio anda pada 15 Juni 2019 adalah 2570 - 2542 + 1 = 29.

      Gunakan saja kalkulator yg disediakan pd laman ini. Input datanya lalu tap/tekan tombol click me.


      Delete
    2. Bulan pembuahan itu maksudnya gimana ya?? Perkiraan hari lahir kah atau gimana??

      Delete
  2. saya mau bertanya. misalkan menz tgl 29 mei 2019 . melakukan 6juni. Nah tanggal pembuahan itu di tulis 29 mei atau 6juni ? Thankq. saya lg program hamil calender cina ini. Tolong bantu saya. Saya sudah ada 2 anak laki laki. Ingin anak perempuan. Thankq ... Ya. Tolong di balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang pak @wibawa utama. Saya mens. Mulai tanggal 7 juni 2019. Sekarang 28 september 2019. Saya cek kelamin ke dokter. Kata nya cowok. Saya berharap cewek. Apakah... Dokter salah ? Menurut perhitungan table. Baby saya cowo apa cew ? Terima kasih... Ya

      Delete
    2. Masukan tgl lahir IBU Dan masukan tgl konsepsi lalu tekan tombol click me
      Tgl lahir IBU yg yahu cima anfa tockh

      Delete
    3. Maaf pak wibawa.
      Saya tanggal lahir 28 januari 1993. Tanggal haid 7 juni 2019. Hasil nya.. Umur saya 7. Bulan pembuahan wu (5). Sekira nya pak wibawa.. Bisa mengartikan prediksi bayi saya laki laki atau perempuan ya pak ?? Kemaren USg kata dokter 60% cowo. Saya coba ke bidan.. Kata nya cew. Mohon di balas jawaban dr pak wibawa ya. Terima kasih pak

      Delete
  3. Mohon info pak, diatas bapak bilang 4 maret 2017 itu masih masuk bulan 1/yin, tapi saya cek kenapa hasilnya bulan 2 ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabel 24 Solar Terms: 2017-Maret-05 (Jingzhe)
      Artinya bukan 2 atau 卯 mao jatuh pada tanggal ini Dan 4 Maret 2017 masih masuk bukan 1/寅 yin.

      Delete
  4. Lahir 20 Maret 1992 tgl pembuahan 30 Mei 2019 itu apa ya jenis kelaminnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk apa repot bertanya?
      Masukan saja tanggal lahir dan tanggal konsepsi kemudian tekan tombol Click Me. Sangat mudah bahkan lebih mudah dari cara memakai ATM!

      Delete
  5. Saya lahir tgl 20 maret 1995
    Bulan konsepsi saya 25 maret 2019 boleh bantu itungin apa jenis kelamin bayi yg saya kandung. Justru saya samgat bingung ngitungannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk apa repot menghitung?
      Masukan saja tanggal lahir dan tanggal konsepsi kemudian tekan tombol Click Me. Sangat mudah bahkan lebih mudah dari cara memakai ATM!

      Delete
  6. Pak wibawa, slamat pagi..
    Mohon bantuannya pak..
    Saya haid trakhir di bulan september tgl 16, dan di bulan oktober saya sudah tidak haid lagi..
    Tanggal lahir saya 8 april 1990..
    Sedangkan saya bingung masukin tgl pembuahan itu tgl dan bulan yg apa, krna sya cuma ingat HPHT aja..

    Saya anak sudah 3 smua laki-laki..
    Berharap sekali yang ke empat ini perempuan.. 🙏

    ReplyDelete
  7. pak, saya lahir 2 juli 1987. kalo hari pertama mens terakhir saya tgl 5 feb 20,kira2 nanti anak saya jenis kelaminnya apa ya pak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan metoda ilmiah. Menurut kalkulator ini, apabila pembuahan terjadi sebelum tgl 6 Jan. 2020 hasil perhitungan adalah Perempuan dan jika terjadi tepat dan setelah tgl 6 Jan 2020 maka hasil prediksi adalah Laki-laki.

      Delete
  8. Pak tanggal pembuahan itu mksdnya tgl hari pertama haid terakhir bukan?

    ReplyDelete
  9. Namanya tanggal pembuahan itu ya tanggal saat HB bukan HPHT bu ibuk😁.masih pada bingung rupanya

    ReplyDelete
  10. Tadinya saya tidak mau komentar Pak, cuman setelah membaca komen orang orang, tangan saya jadi gatell pengen komen😅😅😅😅
    Padahal Bapak sudah mempermudah menyediakan kalkulator otomatis di halaman ini, tapi masiiiiiih aja pada nanyak minta di hitungkan hahaha
    Sabar ya pak, dan makasih atas informasi berharga yang bapak tulis disini.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum, cara menghitungnya gimana ya?

    ReplyDelete
  12. pak cobak saya pak , saya USG kmrn cow pak , pingin bgt dpt ank cew , saya haid terakhir di bulan 5 tgl 10 , tanggal lahir saya 04 Maret 1992 ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn anaknya lahir cew atau cow bum..perhitungan kalnder cew

      Delete
  13. Heheh, MGKn ada rumus yg salah kali ya.atau saya yg salah baca..... Saya liat di tabel kl saya lahir tgl 2 Oktober 1990 ,kl Desember 2020 pembuahan brrti laki2 sesuai tabel, tp dirumus hitung otomatis yg keluar perempuan

    ReplyDelete
  14. Mau nanya masih blom ngerti .klo terakhir mens tgh 26 03 2020 anak nya bkqlan cewe apa cowo .soal nya pembuahan itu apa msih blom ngerti hehe

    ReplyDelete
  15. Pak ini kalkulator nya tidak bisa di pakai lagi ya ?? Tidak mau muncul hasil
    Tolong di balas
    Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Haii pak.. Sy tgl kt 25 des 1996
    Pembuahan 14 okt 2020 hasil laki-laki


    Tp USG kok hasil nya cewek hehe sudah 21week ni

    ReplyDelete
  17. G cocok ya kak,
    Just for fun aj kak😁
    Semua kembali kepada Allah Swt

    ReplyDelete
  18. G cocok ya kak,
    Just for fun aj kak😁
    Semua kembali kepada Allah Swt

    ReplyDelete
  19. Bulan pembuahan ku April tapi kenapa di kalkulator jd bulan 3 bukannya bulan 4

    ReplyDelete

Add Your Comment Here