Tuesday, April 26, 2016

Menghitung Pilar Bulan

Pilar Bulan baru dapat ditentukan setelah Pilar Tahun kelahiran diketahui. Untuk membentuk (menghitung) Pilar Bulan, Batang Langit Pilar Tahun yaitu aksara pertama dari Pilar Tahun harus dikombinasikan dengan Cabang Bumi bulan kelahiran. Aturan kombinasi adalah berdasarkan rumusan Tabel 1 dibawah ini.

Misalkan tanggal lahir anda 17 Agustus 1975, dengan bantuan Tabel 2 dalam Menghitung Shio dan Pilar Tahun diperoleh Pilar Tahun = Yǐmao 乙卯 dengan demikian Batang Langit dari Pilar Tahun adalah aksara pertamanya yaitu Yǐ 乙 yang menempati kolom ketiga (Yǐ 乙, Geng 庚) dari Tabel 1. Sedangkan Cabang Bumi untuk kelahiran 17 Agustus bisa ditemukan pada baris ketujuh dari kolom pertama (Bulan dan Tanggal Permulaan Bulan) yakni Shen 申 (7 ±1 Agu.). Jadi Pilar Bulan kelahiran anda adalah pada persilangan antara kolom ketiga dan baris ketujuh yaitu Jiashen (甲申).

Baca seluruhnya...

Seandainya anda lahir tanggal 5 Agustus 1975 maka Pilar Bulan anda adalah Guiwei (癸未), yang terdapat satu baris diatas Jiashen, karena masih berada dibulan Wei (未) yang baru akan berganti menjadi Shen (申) pada tanggal 6, 7, atau 8 Agustus.

Jika anda lahir TEPAT pada tanggal 6, 7, atau 8 Agustus maka anda harus memeriksa data astronomi yang lengkap. Tabel 1 memiliki keterbatasan karena memuat tanggal pergantian bulan dalam bentuk perkiraan saja. Pada tanggal-tanggal perkiraan ini Pilar Bulan tidak bisa diketahui alias diclaimer. Keadaan diclaimer ini berlaku juga untuk tanggal-tanggal perkiraan lainnya seperti yang terlihat pada tabel berikut ini.
5, 6 & 7 Januari6, 7 & 8 Juli.
3, 4 & 5 Februari6, 7 & 8 Agustus
4, 5 & 6 Maret7, 8 & 9 September
4, 5 & 6 April7, 8 & 8 Oktober
5, 6 & 7 Mei6, 7 & 8 Nopember
5, 6 & 7 Juni6, 7 & 8 Desember

Tabel 1. Pembentukan Pilar Bulan
Tabel Pembentukan Pilar Bulan

Kalkulator Pilar Bulan

Berikut adalah kalkulator Pilar Bulan yang dibuat berdasarkan Tabel 1. Pembentukan Pilar Bulan.

Dizhi Bulan:    Tiangan Pilar Tahun:   

Bersambung...... Menghitung Pilar Hari

No comments:

Post a Comment

Add Your Comment Here