Sunday, February 21, 2016

Kalender Imlek

Perpaduan harmonis antara kalender lunar dan solar dari era Tiongkok kuno.

Kalender imlek sesungguhnya berjenis lunisolar (Yinyangli) karena daur tahun lunar dipadu-harmoniskan dengan siklus tahun solar. Bagaimanakah hal ini dilakukan?

Dasar dari pengharmonisan ini bisa ditemukan dalam kitab suci Taoisme Dao De Jing Bab 42 seperti berikut ini.
Dao De Jing Bab 42
Dao De Jing #42
Dao melahirkan Satu;
Satu menimbulkan Dua;
Dua menimbulkan Tiga;
Tiga menimbulkan segala sesuatu.

Semua hal yang membawa yin (feminitas)
sementara merangkul yang (maskulinitas).
Menetralkan energi membawa mereka ke dalam harmoni.

Dalam hal ini, Dao adalah Satu. Mentari dan rembulan adalah dualitas keadaan, yang merupakan Dua. Ketika mereka berinteraksi dalam hal ini ketika kita mengelola kalender, akan muncul situasi yin-yang baru, yang dikenal sebagai Tiga. Tiga bisa kehilangan keseimbangan. Namun jika kita dapat menetralkan dua energi tersebut, keseimbangan yin-yang akan terbentuk, yaitu harmoni

Baca seluruhnya...


Kalender Lunar

Perlu diketahui bahwa bulan kecil dan bulan besar ditentukan melalui perhitungan astronomi, yaitu perhitungan rumit dari pergerakan bumi dan bulan sejati, dan bukan melalui perhitungan aritmatika, dimana penentuan jumlah hari dalam satu bulan didasarkan pada definisi matematika yang tetap seperti dalam kalender Gregorian (Internasional).

Hari pertama dari sebuah bulan lunar dimulai dari bulan baru (bulan mati atau konjungsi) dan berakhir satu hari sebelum bulan baru berikutnya. Inilah perbedaan utama dengan kalender Hijriah Samsiah yang memulai hari pertamanya dengan bulan yang sudah kelihatan sedikit gambar sabit, yang menurut saya dan pengetahuan tradisional empirik orang tionghoa pada umumnya, terjadi 2 hari setelah ceit (bulan mati).

Panjang waktu satu tahun shio (imlek) dihitung mulai dari sincia (tahun baru imlek) ke sincia berikutnya. Agar mudah diingat orang, urutan angka tahun dicacah berdasarkan duabelas nama binatang yang disebut Shio,dengan demikian siklus shio adalah siklus 12 tahunan.
Di Indonesia bilangan atau angka tahun imlek (kalender lunar) yang digunakan berdasarkan kelahiran Nabi Agung Konghucu (至聖孔子) yaitu tahun pertama dimulai dari 551 SM. Di Tiongkok sejak Ketua Mao Zedong (毛澤東) berkuasa hingga sekarang memakai angka tahun internasional untuk pencatatan administrasi negara, sedangkan untuk urusan kultural masyarakatnya memakai angka tahun berdasarkan tahun ke-61 kaisar pendiri bangsa Tiongkok Huangdi(黄帝) berkuasa, dimana tahun pertamanya dimulai dari 2698 SM. Alternatif lain adalah memakai waktu Huangdi pertama kali naik takhta yaitu 2637 SM.

Kalendar Solar

Seperti halnya kalender lunar maka penyusunan kalender solar juga didasarkan pada perhitungan astronomi. Satu tahun solar terbangun dari 4 musim yaitu Semi, Panas, Gugur dan Dingin, dan selanjutnya dibagi menjadi 24 Jieqi (節氣) yaitu titik-titik petanda musiman yang masing-masingnya bersegmen atau berjarak sama didalam lintasan matahari pada bola langit seperti yang dilihat oleh pengamat dari bumi (lihat Gambar 1 dan Tabel 1.). Sejak 1645 para astronomer Tiongkok mengadopsi perhitungan matahari sejati (Dingqi 定气) dimana segmen-segmen yang panjangnya sama ditempuh matahari dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Hal ini bisa terjadi karena kecepatan matahari yang berubah-ubah tergantung dari posisinya (hukum Kepler), kemiringan sumbu bumi, perlambatan rotasi bumi dan pengaruh gaya-gaya eksternal lainnya. Waktu satu tahun solar atau Sui (歲) didefinisikan sebagai waktu diantara dua soltice musim dingin (Dongzhi 冬至) berturutan dan titik awal musim semi (Lichun 立春) ditetapkan sebagai hari tahun baru solar (tahun baru yanglek).

Lintasan Matahari Pada Bola Langit
Gambar 1. Lintasan Matahari Pada Bola Langit.


Tabel 1. Titik Waktu Kalender Solar
Titik Nama Tanggal Arti Umum Lon.
J11 Daxue 大雪 7 ±1 Des. Banyak salju 255°
Z11 Dongzhi 冬至 22 ±1 Des. Solstice musim dingin 270°
J12 Xiaohan 小寒 6 ±1 Jan. Sedikit dingin 285°
Z12 Dahan 大寒 20 ±1 Jan. Sangat dingin 300°
J1 Lichun 立春 4 ±1 Peb. Awal musim semi 315°
Z1 Yushui 雨水 19 ±1 Peb. Air hujan 330°
J2 Jingzhe 驚蟄 5 ±1 Mar. Serangga meretas 345°
Z2 Chunfen 春分 21 ±1 Mar. Equinox musim semi
J3 Qingmíng 清明 5 ±1 Apr. Cerah dan terang 15°
Z3 Guyu 穀雨 20 ±1 Apr. Hujan untuk pepadian 30°
J4 Lixia 立夏 6 ±1 Mei Awal musim panas 45°
Z4 Xiaman 小滿 21 ±1 Mei Pepadian memadat 60°
J5 Mangzhòng 芒種 6 ± 1 Jun. Pepadian bersemak 75°
Z5 Xiazhi 夏至 21 ±1 Jun. Solstice musim panas 90°
J6 Xiaoshu 小暑 7 ±1 Jul. Sedikit panas 105°
Z6 Dashu 大暑 23 ±1 Jul. Sangat panas 120°
J7 Liqiu 立秋 7 ±1 Agu. Awal musim gugur 135°
Z7 Chushu 處暑 23 ±1 Agu. Penyimpanan panas 150°
J8 Bailu 白露 8 ±1 Sep. Embun putih 165°
Z8 Qiufen 秋分 23 ±1 Sep. Equinox musim gugur 180°
J9 Hanlu 寒露 8 ±1 Okt. Embun dingin 195°
Z9 Shuangjiang 霜降 23 ±1 Okt. Bunga es turun 210°
J10 Lidong 立冬 7 ±1 Nop. Awal musim dingin 225°
Z10 Xiaoxue 小雪 22 ±1 Nop. Sedikit salju 240°

Memadukan Kalendar Lunar dan Solar

Pada tataran praktis pengharmonisan (penyelarasan) yin dan yang bisa dijelaskan sebagai berikut.
  1. Membuat kalender lunar (imlek) yaitu menghitung tanggal jatuh dari phasa bulan gelap sempurna sebagai penanda hari pertama bulan imlek (sistem lunar).
  2. Membuat kalender solar (yanglek) dengan cara menghitung 24 solar terms yaitu tanggal jatuh dari posisi-posisi tertentu matahari semu pada bidang ekliptika sebagai penanda hari pertama dan pertengahan bulan yanglek (sistem solar).
  3. Menggabungkan kedua hasil tersebut sembari mengurutkan (sorting) tanggalnya.
  4. Menerapkan aturan kaisar Tiongkok, yang dipublikasikan ke dunia barat oleh astronom Liu & Stephenson, kepada hasil dari butir ketiga diatas untuk menentukan nomor bulan. Tujuan dari aturan-aturan tersebut adalah untuk menjawab pertanyaan pada bulan keberapakah Runyue harus disisipkan dan secara tak langsung mengatur agar tahun baru imlek (sincia) harus selalu jatuh diantara Dahan (20 ±1 Jan) dam Yushui (19 ±1 Peb). Meskipun merupakan prosedur dengan ketentuan-ketentuan yang rumit [2][3][4] namun dengan peraturan inilah Kalender Imlek Online website ini saya susun.
Menurut astronomer Tiongkok kuno, tahun baru Tionghoa atau Sincia yaitu hari pertama dan bulan pertama Imlek selalu terjadi antara bulan baru pertama setelah titik Z12 (Dahan 大寒) dan bulan baru yang terdekat dengan titik J1 (Lichun 立春) atau sekitar tanggal 20 ±1 Januari dan 4 ±1 Februari. Premise awal bangsa Tiongkok kuno itu ternyata gugur setelah Helmer Aslaksen [3] menunjukan kegagalan pada tahun 1985 (20 Februari), 2015 (19 Februari), dan 2053 (20 Januari). Namun premise bahwa Sincia selalu jatuh antara Dahan dan Yushui belum terbantahkan.

Ahli astronomi Tiongkok kuno mengenali perioda 19 tahunan dimana matahari dan bulan bergerak melalui siklus dan kembali keposisi relatif semula pada akhir dari setiap siklus 19 tahunannya. Penemuan prinsip ini kemungkinan besar terjadi pada era Dinasti Shang (1600–1046 SM.) dan dengan adanya penemuan ini para astonomer mampu mengembangkan sejumlah keteraturan. Diketahui bahwa dalam siklus 19 tahunan, 7 tahunnya memerlukan Lungwee. Belakangan, sesudah ditemukan oleh bangsa Tiongkok kuno, seorang ilmuwan Yunani bernama Meton juga menemukan prinsip yang sama. Oleh karena itu, siklus 19 tahunan ini oleh astronomer Barat dikenal sebagai siklus Metonik

Rujukan:
  1. Jean Meeus, Astronomical Algorithm, Willmann–Bell Inc., Virginia, Second Edition, 1991.
  2. Gondomono, Ph.D, Lungwee, Bulan Pengganjal Tahun, Majalah Intisari No 355, halaman 56-57, Februari 1993.
  3. Helmer Aslaksen , The Mathematics of the Chinese Calendar, Department of Mathematics National University of Singapore, Singapore, Draft 29 Maret 2006.
  4. Hendro Setyanto, Ssi, Imlek dan Kalender Astronomi, Harian Kompas, halaman 30, Jumat, 15 Februari 2002.
  5. R.L. Wing, The Dao Of Power, The Aquarian Press, London, 1986.
  6. Assorted calendrical systems: The Chinese Calendar.
  7. Calendars And Their History: The Chinese Calendar.

No comments:

Post a Comment

Add Your Comment Here